70 Tahun BNI : Catatan dan Harapan

Ibarat sebuah hubungan, sebetulnya saya tahu BNI sejak dahulu kala. Tepatnya sejak berseragam putih abu-abu. Itupun cuma sekedar tahu nama aja. Lalu setelah lulus kuliah banyak teman-teman saya yang masuk BNI lewat jalur ODP alias Officer Development Program. Sebagai informasi tambahan, banyak teman-teman saya yang betah di BNI dan hingga saat ini belum memutuskan resign. Jadi saya yakin bahwa kultur yang dibangun perusahaan cukup baik, sehingga turnover karyawannya relatif kecil.

Kemudian saya resmi berkenalan dengan membuka rekening BNI di Kantor Cabang Bandung. Awalnya juga mau nggak mau, karena kantor saya payrollnya pakai Bank BNI. Ho ho. Sehingga kalau ditanya mulai kapan akrab sama Bank BNI, jawabannya baru beberapa tahun belakangan ini.  Tapi seperti kata pepatah, ‘Tak Kenal maka Tak Sayang.’ Makin kesini malah makin nambah layanan Bank BNI yang saya pakai.

Saya menjadi nasabah BNI Taplus lengkap dengan Kartu ATM. Berbeda dengan Bank-Bank lainnya yang desain Buku Tabungannya polos, BNI Taplus memiliki desain Indonesia banget alias bercorak batik. Corak batik Cirebon tersebut senada dengan Kartu ATMnya. Menurut saya hal tersebut memang terkesan simpel tapi terasa istimewa.

BNI70.jpg

Nah, rupanya kerjasama kantor saya dengan BNI tidak hanya untuk payroll karyawan tetapi juga tabungan hari tua dengan nama produk BNI Simponi. Jadilah saya memiliki buku tabungan kedua sebagai persiapan masa pensiun saya kelak. Yang kalau dihitung-hitung sebenernya pensiun saya masih beberapa puluh tahun lagi. He he. :p

Tidak lama kemudian saya memutuskan membuka BNI Tapenas yang diperuntukkan sebagai tempat saya menabung. Kenapa Tapenas? Karena tidak ada potongan bulanannya dan supaya tidak bisa diambil seenaknya. Jadi aman dari hasrat pengen ambil dikit-dikit buat jajan. Selain itu BNI Tapenas nggak ribet soalnya tiap bulan langsung didebet otomatis dari rekening kita. Nggak ada tuh istilahnya lupa menabung setiap bulan.

Hal keren yang saya tangkap dari BNI adalah kesigapannya mengikuti perkembangan zaman. Bank dengan 1.714 outlet yang tersebar di 34 provinsi ini tahu bagaimana caranya memanfaatkan teknologi sebagai value added layanan kepada pelanggan. Saya merasa dimudahkan dengan adanya fasilitas internet banking dan SMS banking. Khusus untuk internet banking saya juga membeli token supaya dapat bertransaksi seperti pembayaran dan transfer. Hari gini males ke ATM cuma buat ngecek saldo aja. He he. Dengan internet banking kita juga bisa lihat mutasi rekening, apa saja transaksi sudah dilakukan. Sudah nggak jaman antri ke loket buat cetak buku tabungan. 

Sementara itu layanan SMS banking dari BNI selalu memberikan kabar gembira di awal bulan. Yaitu notifikasi bahwa gaji sudah masuk rekening. Yaiyy !! Jadilah saya orang pertama yang selalu tahu bahwa kami sudah gajian. Biasanya saya bakal berteriak-teriak heboh mengumumkan gajinya sudah masuk. Terimakasih SMS Banking😀

Masih tentang kelebihan yang dimiliki BNI dalam hal pemanfaatan tekonologi. Di kantor saya BNI memiliki bilik ATM khusus yang cukup luas. Ada mesin khusus tarik tunai yang akan ngeluarin duit kecuali saldo kita nggak cukup yak, ada mesin khusus transaksi non-tunai yang nggak bakal ngeluarin duit apalagi jodoh, dan mesin khusus setor-tarik tunai. Yang saya sebut terakhir ini lho oke banget. Biasanya kan mesin setor ya cuma untuk setor uang aja. Kita memasukkan sejumlah uang lalu bisa ditransfer ke rekening kita sendiri ataupun rekening orang lain. Tapi disini mesinnya nggak cuma me’makan’ uang kita aja, bisa juga digunakan untuk ambil uang. Misalnya mesin tarik tunainya penuh kita bisa menggunakan mesin setorannya. Saya harap mesin setor-tarik ini tersedia dimana-mana. Oiya, BNI juga menyediakan ATM dengan kelipatan nominal 20.000 rupiah. Menurut saya hal ini unik dan memudahkan kita yang nggak pengen ambil pecahan 50.000 atau 100.000 rupiah.

Tahun ini kiprah BNI di bumi pertiwi menginjak angka 70 tahun. Meskipun sudah tujuhpuluh tapi semangatnya harus tetap kayak remaja tujuhbelas tahun ya. He he. Forever sweet seventeen instead of sweat seventy. Di usia yang ke-70 tentu saja tantangan yang dihadapi makin banyak. Memenuhi harapan para stockholders alias pemegang saham, memberikan kepuasan bagi para stakeholders termasuk karyawan dan pelanggan, juga mengantisipasi pesaing di bidang bisnis jasa keuangan.

Sebagai salah satu nasabah saya pengen memberikan beberapa harapan untuk BNI supaya makin hits di masa mendatang, sehingga bisa merayakan ulangtahun yang ke 700 bahkan 7.000. :p

1. Menjaga dan meningkatkan kualitas layanan.

Alhamdulillah selama berurusan sama Bank BNI nggak pernah dikecewakan baik oleh bagian security, teller maupun CSnya. Mbak dan Masnya semua baik-baik dan menjelaskan dengan terampil. Artinya mereka paham dengan produk knowledgenya. Semoga kualitas layanan semacam ini tetap terjaga bahkan ditingkatkan. Hm, nggak perlu juga sih nyambut nasabah sambil salto ato kayang. :p Jangan sampai ada yang mengeluh karena frontlinernya jutek-jutek atau kurang membantu.

2. Menambah promo dan kerjasama dengan merchant.

Siapa yang nggak suka promo, coba sini angkat tangan? BNI kan sudah punya produk credit card dan BNI Tap Cash tuh. Bakal lebih menyenangkan jika BNI menambah kerjasamanya dengan berbagai macam merchant. Biar kami nasabah makin semangat transaksi menggunakan BNI. Salah satu kekhilafan saya gara-gara BNI adalah waktu Hari Buku Nasional beberapa waktu lalu. Bayangin aja dengan ‘jahat’nya BNI kerjasama dengan Gramedia ngasih diskon 30% untuk semua buku-buku lokal yang pembayarannya menggunakan kartu kredit dan debit BNI. :))))  Saya kalap sekalap-kalapnya. Oiya, promonya sama maskapai penerbangan dong. Biar saya makin sering jalan-jalan. He he.

3. Memudahkan transaksi pembayaran

Di era milenial saat ini kita semua seringkali butuh membeli hal-hal secara online. Apalagi saya anaknya digital banget. *ngaku-ngaku* Seringkali saya urung beli sesuatu di Google Playstore entah majalah, buku, aplikasi atau game lantaran susah bayarnya. Karena banyak transaksi online yang belum menerima pembayaran secara debet, sedangkan tidak semua orang punya kartu kredit. Begitu juga dengan belanja di situs-situs luar negeri. Banyak orang yang sebenarnya ingin tapiii karena susah bayarnya akhirnya batal deh. Belum lagi anak-anak sekolahan yang memang belum bisa punya rekening sendiri. Ini bisa jadi peluang bagus untuk mengembangkan layanan BNI.

4. Perbanyak kompetisi, kuis dan reward point.

Semua orang suka hadiah. Atau ada yang nggak suka? Dan nggak nolak dengan segala hal berbau gratisan. He he. Termasuk saya dong. Jadi sering-sering aja BNI ngadain kegiatan yang mengasah ide dan kreativitas pelanggannya. Selain bagi-bagi rejeki tentu saja meningkatkan engagement dengan pelanggan. Sedangkan untuk reward point BNI bisa mengadakan sebulan sekali, dimana nasabah boleh menukarkan poin yang mereka punya dengan merchandise menarik dari BNI. Merchandisenya bisa berupa agenda, payung, tas, voucher belanja, handphone, skuter dan apartemen. *makin lama makin ngelunjak*

5. Saya jadi pemenang blogging competition.

Aww, yang ini sih bener-bener harapan dan kepentingan pribadi. He he. Seriously saya berharap dilirik panitia buat jadi pemenang lomba blog. Lumayan sekali buat nambah-nambah saldo tabungan dan meningkatkan semangat investasi.😀 Semoga saya terpilih jadi pemenangnya yaaa. Aaaamiin.

Once again, wish you a very happy birthday dear BNI.

Terus bersinergi mengembangkan negeri.🙂

 

 

*Artikel ini diikutsertakan dalam Blogging Competition 70 Tahun BNI.

cjw9fhmugaakme9

 

 

 

 

 

 

11 responses

  1. Nice artikel.. saya jg pakai BNI lho, selama ini pelayanannya bagus blm pernah saya dikecewakan, apalagi ketika saya mau mengajukan kredit perumahan, pihak BNI senantiasa membantu untuk memberikan konsultasi dan solusi terbaik bagi saya.

    1. Waaah sudah ngajuin kredit juga yaa. Kalau saya sih belum berkredit-kredit ria😀

  2. aditya dwi nugroho | Reply

    Dalam beberapa tahun terakhir sepertinya BNI yang paling pesat perkembangannya, good job !!! semoga makin jaya dan makin go international …

    buat yang nulis, nice article, keep writing !!
    salam kenal dari saya :))

    1. Haloo..terimakasih sudah mampir. Iya BNI sudah go international lho. Karena ada beberapa cabang juga di negara-negara lain.😀

    1. Iyaa aamiin. Makasi mbaa 😀

    1. Aaaamiiin terimakasih 😀

  3. nicely written.
    adikku pake bni, krn dia sering minta ditransfer, jadilah aku cukup akrab dg bni 😁

    1. Makasii sudah mampir mbaa.
      Ahahahaa jadi akrabnya karena sering ngirimin transferan. Aku juga mau dong ditransferin😀

  4. buahaha… aku juga punya BNI. Baru2 aja sih buka nya, buat nabung-nabung sama dana darurat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: