[Travelling] Bandung, Kota Wisata nan Mempesona

Welcome in Bandung !

Saya nggak main-main ketika menjuluki Bandung sebagai kota yang mempesona. Bagi seorang pendatang seperti saya, selama tinggal di Bandung selalu saja ada hal-hal yang membuat saya berdecak kagum. Terpesona akan alun-alun kotanya yang sekarang makin kece, terpesona aneka tempat makan fancy, terpesona dengan keindahan wisata alamnya, terpesona akang-akang Sunda yang putih bersih, bahkan terpesona sama walikotanya. *eh* Please jangan laporkan ke istrinya Kang Emil.

Liburan ke Bandung itu semua wisata ada, tinggal pilih mau ngapain, kemana aja, sama siapa. He he. Seriusan deh. Mau wisata kuliner? Banyak banget, nggak abis-abis. Jangan salahkan saya kalau kelar liburan jarum timbangan geser ke kanan. Wisata belanja? Wooooo, Bandung mah surganya belanja. Aneka fashion terkini, mau murah mau mahal tinggal tunjuk. Wisata alam? Tentu saja ada. Pemandangan yang indah dengan udara segar sudah menanti untuk dikunjungi.

So, mari kita mulai mempersiapkan rencana liburan ke Bandung. Untuk mempermudah rencana liburan sebaiknya kita menggunakan travel assistant biar makin gaya, eh biar lebih praktis. Travel assistant yang sering saya gunakan adalah tiket.com atau dibaca tiketdotcom.

Pertama, tentukan dulu tanggal liburan kita. Penting banget nih buat urusan ambil cuti, booking akomodasi plus transportasi. Long weekend pasti jadi favorit mayoritas orang buat berlibur. Kalaupun mau long weekend siap-siap aja ya berhadapan dengan macet di jalan dan padatnya tempat-tempat wisata. Atau kita bisa cek cari event seru apa yang akan berlangsung di Bandung lewat menu events & attraction di Tiket.com, terus cocokkin deh sama jadwal liburan kita.

Ternyata April besok ada even Kampoeng Jazz buat penikmat musik dan Mei ada Bandung Great Run 10K buat yang hobi lari.Kudu langsung save the date nih. Tiket acaranya bisa langsung dipesen lewat Tiket.com juga, daripada ntar kehabisan😀

Cheap Event  Attractions  Concert Ticket only Tiket.com

Abis nentuin tanggal, next stepnya kita berburu tiket transportasi. Asiknya kota Bandung nih bisa dijangkau dengan berbagai moda transportasi. Yang nggak seberapa jauh dari Bandung bisa naik bis atau travel. Yang berada di Pulau Jawa bisa naik kereta. Atau bisa juga dijangkau menggunakan pesawat. Pesawat terbang ya sodara-sodara. Bukan pesawat telpon atau pesawat televisi. Mau naik kereta atau pesawat, saya merekomendasikan pesen lewat Tiket.com. Soalnya selain banyak promonya, juga kita dapet sms notifikasi menjelang keberangkatan. So sweet ya kita diingetin kudu siap jam berapa, kalah deh pacar sama gebetan. Penting banget lho ini, daripada risiko salah atau lupa jadwal.

Then, waktunya berburu penginapan. Tentunya masih mengandalkan Tiket.com as our travel assistant. Ada ratusan hotel di Bandung yang kerjasama dengan Tiket.com. Mulai dari budget hotel sampai bintang lima ada semua. Tinggal kita tentuin aja, mau liburan ala koper atau ala ransel. He he. Sesuaikan budget yang kita punya dengan lokasi yang kita pengen.

Sekarang waktunya bikin itinerary tempat-tempat yang kece buat dikunjungi. Temen-temen saya sukanya request gini,”tempat yang bagus buat foto ya.” Lho jangan salah, hampir setiap sudut Kota Bandung bagus buat foto. Bahkan sekedar pedestriannya sekalipun. Kalau saya lebih suka mengelompokkan destinasi berdasarkan areanya. Jadi ketika berada di daerah tertentu, kita bisa sekaligus mengeksplor apa saja yang bisa dilakukan di daerah tersebut. Tahu sendiri pas liburan macetnya kayak apa. Kita kudu pinter-pinter memaksimalkan waktu.

Area pertama yang kayaknya jadi must visit place adalah alun-alun Kota Bandung yang berada di Asia-Afrika. Kendaraan bisa diparkir di sekitar alun-alun. Terus ngapain di alun-alun? Foto-foto cantik dong, bahkan saya sampe guling-guling kalau foto. Sebaiknya datang pagi-pagi banget sebelum matahari mulai naik atau sekalian menjelang sore. Selain foto di alun-alun bisa naik ke menara Masjid Raya Bandung dan melihat pemandangan dari atas. Abis itu kita bisa jalan-jalan di sekitar Jalan Dalem Kaum. Ada Plaza Parahyangan, ada banyak toko-toko pakaian dan sepatu. Juga orang berjualan makanan di sekitar Dalem Kaum. Dulu juga ada icon belanja Kota Bandung yaitu King’s di Kepatihan yang sayangnya sudah terbakar jadi abu. Dari alun-alun kita bisa berjalan kaki di sepanjang Asia-Afrika. Mampir deh ke Museum KAA, museumnya besar, bersih dan lega. Jalan dikit lagi kita sudah sampai di daerah Braga. Banyak tempat nongkrong yang bisa kita jajal. Atau sekedar berfoto di sepanjang jalan Braga.

20151107_103751

Alun-alun Bandung dari Atas Menara Masjid

Area kedua yaitu daerah Jalan Martadinata atau Jalan Riau. Disini kita bisa wisata belanja atau sekedar cuci mata sepuas hati. Sepanjang jalan kita bisa masukin satu-persatu factory outlet. Sebut saja Heritage, Stamp yang berada di dalam Gedung Graha Pos Indonesia, Terminal Tas, The Secret, The Summit dan lainnya. Kalau pintar milih kita bisa banget dapet pakaian & aksesoris bagus dengan harga miring. Ssstt..tempat-tempat ini juga favorit turis mancanegara lho. Khususnya turis Malaysia saya sering banget ketemu. Nggak perlu takut lapar karena banyak tenant makanan, juga jajanan seperti batagor yang rasanya yummy.

Udah puas belanja, kita bisa bergeser sedikit ke Gedung Sate. Letaknya tidak jauh dari Martadinata. Di depan Gedung Sate ada lapangan Gasibu yang sekarang sedang dipugar. Tidak jauh dari Gedung Sate kita bisa main-main ke Taman Lansia. Bagus lho tamannya, dan meskipun judulnya Taman Lansia tapi saya malah jarang tuh ketemu lansia. Dari Taman Lansia kita bisa jalan ke Pasar Cisangkuy, sebuah tempat makan nan cozy. Atau ke sebelahnya yang menjual yoghurt Cisangkuy yang legendaris itu.

Jika ingin wisata alam yang paling dekat adalah Taman Hutan Rakyat di daerah Dago Atas. Lokasi tersebut bisa dijangkau lewat Jalan Juanda. Taman Hutan Rakyat ini luaassss banget, pintu masuknya juga ada banyak. Goa Belanda, Goa Jepang, Air Terjun Maribaya juga Tebing Keraton semuanya masuk area Taman Hutan Rakyat (Tahura) Juanda. Jika pengen ngopi-ngopi cantik sambil melihat pemandangan indah, di Dago banyak banget tempat ngopi yang bisa kita pilih. Ada Lawangwangi, atau Warung Stinggil yang lebih affordable dan biasanya banyak anak kuliah ngerjain tugas. Ada Lisung, Selasar Sunaryo, dan banyak banget yang saya nggak hafal.

sign

Penunjuk Arah di Dalam Area Tahura

Buat liburan keliling Bandung paling enak memang bawa kendaraan sendiri. Saya nggak terlalu merekomendasikan naik angkutan umum atau taksi. Daripada naik taksi mending nge-rental mobil. Nggak terikat dan bisa dibawa kemana aja sepuasnya. Kalau nggak tahu jalan tinggal buka Google Maps, Waze atau tanya orang.😀 Kalau mau bisa juga telepon saya biar saya kasih petunjuk (yang salah). He he.

Nggak usah banyak pertimbangan, buruan rencanakan liburannya. Saya sarankan install aplikasi Tiket.com di smartphone deh. Buat android atau iOS sudah tersedia kok. Soalnya kalau booking via aplikasi promonya lebih banyak ketimbang lewat web. Plus sekarang ada last minutes deal buat hotel. Lumayan pake banget.

Okay deh, saya tunggu di Bandung ya🙂

 

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Blogging Competition  #NgopiBarengTiket

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: