Kehilangan

Tidak ada yang menyukai kesedihan.
Tidak ada yang menunggu perpisahan (atau mungkin ada?)

Kehilangan, judulnya aja hilang pastinya dari ada jadi tidak ada. Biar bagaimanapun akan terasa ganjil, tidak lagi sama.

Hari ini saya mendapat berita duka, adik laki-laki almarhum Eyang Putri saya meninggal dunia setelah sebelumnya beberapa hari koma di rumah sakit.
Rasanya sedih mengingat segala kebaikan-kebaikan beliau. Sosok yang ramah, sabar dan menyayangi keluarganya.

Yang paling saya ingat adalah kebiasaan beliau kala Lebaran. Jadi adik Eyang saya ini non-muslim, tapi tiap Lebaran selalu datang ke rumah Eyang Putri saya sambil membawa kue-kue. Tak hanya saat Lebaran tapi saat ultah kakak perempuannya pun beliau datang membawa kue tart. Bahkan sampe setua ini. Sweet ya🙂

Tahun kemarin beliau baru saja merayakan ulangtahun pernikahan yang ke 52. Suami istri yang berbahagia, bersama, sampai lanjut usia.

Ternyata kabar kehilangan datang dua kali. Sorenya menyusul kabar meninggalnya teman satu profesi mama saya yang dulu sempat mengajar di sekolah yang sama. Yang pernah mengajari saya Matematika karena kalau belajar dengan mama sendiri sama saja perang dunia.

Kita yang hidup ditinggalkan, kehilangan, lalu merapikan kenangan.

Saat-saat seperti ini membuat saya berpikir, akan dikenang seperti apa saya nanti. Mungkin ada baiknya sekarang berbuat yang terbaik semampunya. Agar setidaknya ada hal baik yang diingat orang tentang kita. Meskipun lama kelamaan akan memudar.

Selamat Jalan Eyang Mul, selamat reuni kembali dengan Eyang Putri dan saudara-saudara lainnya disana. Baik-baik disana. Kamipun akan baik-baik disini.

 

8ad0d67ff851525695cfd9e489be6b85

 

 

 

 

 

2 responses

    1. Makasii mbaa🙂

Leave a Reply

