Calon Suami Dunia Akhirat

Wooooo…wooooo… sekalinya nulis lagi judulnya sok-sokan berat gitu :p

Akhir-akhir ini saya lagi demen tarling alias taraweh guling-guling. Eh enggak ding. Taraweh keliling pindah-pindah masjid. Biar tau rasanya karena pasti tiap tempat punya ciri khas masing-masing. Plus biar nggak bosen taraweh disitu-situ aja.

Nah, pas lagi taraweh di salah satu masjid entah kenapa obrolan saya dan seorang teman jadi agak syariah nyerempet-nyerempet masalah pernikahan. Ha ha. Agak lupa juga sih awalnya lagi bahas apa. Kemudian teman saya tersebut nyeletuk, “kadang suka heran sama orang yang ngebet banget nikah tapi nggak mikir panjang kedepannya. Tanggungjawab pernikahan kan gede. Apalagi buat seorang cowok yang nantinya bakal jadi pemimpin rumah tangga.”

Saya angguk-angguk dengan semangat mengiyakan statementnya.
“Setujuuuu banget! Lha mereka lho mau nikah cuma gara-gara udah umur, gara-gara dikejar target, gara-gara sekelilingnya udah pada nikah. Duh.”

“Agak arogan sih kalau orang pede banget nikah karena ngerasa udah financially stable. Bukan cuma harta lho yang kita cari. Ya biarpun secara realistis materi juga penting. Tapi yang itu bisa dicari bareng-bareng. Pondasinya ya agama, amalan ibadahnya, ilmu agamanya. Tapi malah dikesampingkan. Malesin banget toh yang kayak gitu. Kan mereka nanti jadi imam buat anak istrinya. Idealnya ya cowok itu pengetahuan agamanya lebih tinggi dari istrinya soalnya nanti istri yang dibimbing sama suaminya. Saya menambahkan.
Kebiasaan banget jadi nggak sadar ngomong berapi-api di depan umum. :p

“Bener. Gampang sebenernya kalau mau lihat cowok agamanya bagus apa nggak. Tinggal cek solatnya on time nggak. Sama gerakan solatnya sudah sempurna apa belum,” teman saya tersebut membocorkan jurus jitunya. Ha ha. Langsung deh seketika ngamatin jamaah di saf cowok, menilai gerakan solatnya. :p

Yea, jatuh cinta itu bukan hal susah, bukan berarti mudah juga. Tapi jatuh cinta dengan orang yang tepat itu tunggu dulu. Karena pernikahan itu sedemikian kompleks *yakali berasa udah pernah nikah aja* saya sendiri juga merasa bahwa baik dan aman secara finansial saja sangat tidak cukup. Pernikahan itu not just having fun, not about falling in love and that’s all. Dangkal banget. Sempit banget. Gampang banget. Saya sendiri nggak ngerasa yang baik banget atau bersih banget atau alim apalah itu. Masih jauh tentu saja.  At very least I’ll try my best to be better day by day. Terus belajar boleh dong?🙂

Jadi inget seorang teman pria pernah curhat tipis-tipis. “Jaman sekarang susah cari cewek baik-baik. Susah banget. Jangan-jangan malah sudah punah.” Saya batuk-batuk keras sambil nunjuk ke diri-sendiri yang disambut dengan ucapan, “Lha emang kamu cewek? Sejak kapan?” *lempar bakiak masjid*

Apa emang segitunya cewek ngerasa cowok baik-baik itu langka begitupula sebaliknya cowok ngerasa cewek baik-baik saat ini cuma mitos belaka. Lha terus pada kemana toh sebenernya ini?

Yah siapa sih yang nggak pengen suaminya nanti rajin solat, rajin ngaji, rajin sedekah, gerakan solatnya sempurna, bacaan solatnya bagus, hafalan suratnya banyak, bisa ngingetin yang baik-baik ke keluarganya, hubungan horisontal vertikalnya bagus. Hi hi. Banyak maunya? Biarin.

Sebaliknya juga cowok bangga sama istri yang baik, sabar, sopan, ramah, penyayang, rajin mengaji, rajin menabung, cinta rupiah biar dolar dimana-mana. *efek ngantuk abis saur belum tidur*

Nah, jadi siapa yang ngerasa sudah memenuhi kriteria calon suami dunia akhirat? Temen-temen saya banyak yang ngantri tuh. :p

Selamat puasa hari ke 19! Semoga lancar ibadahnya :]

2 responses

  1. Rajin banget taraweh keliling2 mesjid🙂 seruuuuu

    1. Mumpung masih di Bandung mbaa :3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: