Menamatkan Drama Korea Pinocchio

Akhirnya selesai juga nonton drama korea Pinocchio yang lagi happening sekarang. Awalnya iseng nonton soalnya pemeran utamanya si Lee Jong Suk sama Park Shin Hye. Di awal-awal episode ceritanya masih biasa aja. Terus lihat model rambutnya si Lee Jong Suk alias Ki Ha Myung alias Choi Dal Po jadi agak-agak gimana gitu -____________________- Modelnya rambutnya aneh banget sih ><
Ternyata makin kesini potongan rambutnya makin oke dan gantengnya makin menjadi-jadi :*
Nggak sia-sia mantengin 20 episode. Soalnya jalan ceritanya bagus. Sedihnya, senengnya, emosinya, lucunya, semua dapet. Fokus ceritanya seputar balas dendam, politik dan ambisi.
Yang bikin saya makin suka sama drama ini karena background profesi yang diangkat mengenai reporter dan pembaca berita.😀 Seperti biasa, orang Korea kalau bikin drama nggak sembarangan. Setiap profesi digambarkan secara detil. Nggak asal pokoknya reporter. Drama Korea emang selalu nampilin profesi yang berbeda, ada yang pengacara, jaksa, dokter, penulis, desainer, dll. Nggak kayak sinetron Indonesia yang apa-apa selalu jadi pengusaha. Boro-boro, adegan kerja aja nggak pernah diliatin tapi bisa kaya banget -____________-
Nah kalau Pinocchio ini ngangkat tema profesinya mengenai reporter, agak-agak mirip dengan kehidupan jurnalis.
Dimana kita dituntut menyajikan berita seakurat mungkin. Tidak boleh mengabaikan data dan fakta serta kondisi lapangan. Tidak boleh membuat berita berdasarkan asumsi pribadi. Tidak boleh cepat mengambil kesimpulan. Meskipun pada kenyataannya banyak juga yang mengabaikan kode etik jurnalistik.
Seharusnya drama Korea ini ditonton sama reporter-reporter berita di Indonesia. Biar rada melek dikit. Kalau ngasih pertanyaan nggak ngaco. Nggak ngasal bikin pertanyaan pas wawancara, entah abis kebanjiran, kebakaran, kecelakaan, kemalingan dan reporter kita nanyanya, “Bagaimana perasaan bapak/ibu?”
Yakali ada orang lagi kesusahan terus dia merasa bahagia. Pertanyaan kayak gitu dihindari deh. Bukannya viewer tersentuh malah jadi emosi jiwa ngedengernya. Terus reporter/jurnalis juga harus bisa menghargai narasumber. Membuat berita yang kontennya berisi, bukan sekedar sensasi.
Emang ya jadi jurnalis atau reporter itu seru dan menyenangkan. Berburu narasumber, berburu berita kemudian menyebarkan informasi pada banyak orang😀
Pokoknya pas nonton Pinocchio ini saya berkali-kali nyeletuk… Tuhkan … Tuhkan … Ya kayak gini kondisi dunia pers kita. Terbentur kepentingan sana-sini. Kebanyakan mengutamakan bisnis ketimbang manfaat. Susah emang kalau mau jadi idealis kayak Choi In Ha atau si Ki Ha Myung.
Yang lumayan nggak masuk akal itu pas di episode 20, setaun jadi reporter Ki Ha Myung udah bisa beli mobil bagus. Wow ! Wondering gaji reporter di Korea sono apa gede banget ya? :)))

Berikut beberapa kutipan dari drama Pinocchio yang saya suka :

“Broadcasting can kill an innocent person with just one statement, so how would I even dare to think of it as a joke?” -Choi Dal Po-

“The higher you climb up in the ladder, the harsher criticism you will receive.”

“Blindly accepting a decision is something that only little kids would do. A true reporter should’ve investigated
deeper to find out the real truth.” -Cha Hye Sung-

“In order to gain something, you have to throw something else away.” – Sung Cha Ok – 

Kelar nonton Pinocchio, apalagi ya yang mau ditonton abis ini?
Bingung antara Emergency Couple, Misaeng atau Married Without Dating.
Plus nyelesein Fated to Love You sama King’s Family.

2 responses

  1. baju2 pemerannya kece2 gak hehe

    1. Nggak terlalu sih. Abisnya ceritanya kan liputannya pas musim dingin, jadi pakenya coat2 tebel melulu. Ada rekomendasi drama korea apa mbak?😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: