Ramadhan Hari Ke – 3 ~ Sedekah di Bulan Puasa

Halo halo Assalamualaikum.

Sudah masuk hari ke-3 menjalankan ibadah puasa. Kalau dipikir-pikir bulan Ramadhan itu kan ibarat obral pahala gede-gedean, kalah deh obral diskon pas Late Night Sale.  Nah makanya banyak sekali anjuran agar di bulan ini nggak cuma sekedar puasa dan solat fardhu 5 waktu aja. Tapi juga bakal lebih baik kalau dilengkapi dengan amalan-amalan sunnah lainnya. Salah satu amalan yang bisa kita lakukan di bulan suci ini yaitu rutin bersedekah.

Saking sederhananya sedekah itu, bahkan tersenyum pun sudah dikategorikan sebagai sedekah. Sedekah yang mudah dan gratis. Tapi ya masa mau senyum-senyum terus -______________- Perlu dong buat menyedekahkan sebagian harta yang kita punya.

‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)’. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (Q.S. Saba 34:39)

Nah sebenernya bersedekah bisa dimulai dengan hal-hal kecil di sekitar kita, misalnya nih :

* Beli aja tuh sandal, bakiak, mukena, sarung atau sajadah lalu kita sumbangkan untuk masjid kantor atau masjid di kompleks perumahan kita. Bisa juga ke mushola di tempat-tempat umum seperti Mall. Nggak harus semuanya, cukup salah satu aja. Oiyaa, bisa juga kita beli Al Qur’an lalu sumbangkan juga ke tempat-tempat tersebut. Bayangkan dong kita bisa memberi manfaat pada orang-orang yang menggunakan barang pemberian kita. Sekaligus membantu agar setiap muslim dapat beribadah dengan alat ibadah yang layak.

* Siapkan takjil di plastik-plastik kecil lalu dibagikan ke pengendara motor yang terjebak macet atau terpaksa berbuka di jalan. Bisa juga ke kaum duafa yang kita temui di jalan.

* Rutin membawa uang seikhlasnya setiap kali berangkat taraweh. Bukan buat jajan jagung bakar di depan masjid lho! *like I did in the past* :p Bukan juga buat beli mercon yang bisa bikin ibuk-ibuk jamaah jantungan. Tapi jangan lupa masukkin uang itu ke kotak infaq.

Kalau yang pengen praktis, bisa juga melalui transfer. Jadi kita bisa melakukan sedekah kapan aja dan dimana aja. Beberapa rekening sedekah yang terpercaya dan bisa kita bantu antara lain :

* Sedekah Rombongan punya @Saptuariwebsitenya bisa dicek disini
Rek BCA 4564921400 a.n Saptuari

Di Sedekah Rombongan ini uang kita 100% disumbangkan pada orang-orang yang membutuhkan. Kalau kita tahu ada yang perlu dibantu juga bisa bilang ke Sedekah Rombongan. Yang bikin miris itu banyak yang memanfaatkan niat baik tim Sedekah Rombongan dengan mencuri foto-foto penerima sumbangan  untuk meminta-minta belas kasihan orang lain. Bahkan sampai ada yang membuat situs palsu menyerupai Sedekah Rombongan😦

*Rumah Yatim Nurul Jannah, yang dikelola @merakdjenar. Bisa cek infonya disini atau disini.
Rek. BCA Balung Jember 8910298926 a.n Haidar Raditia Al Maliki.
Rumah Yatim ini memiliki tanggungan cukup besar untuk makan sehari-hari dan menyekolahkan adek-adek yang ada disitu.
Yah siapa tahu pas iseng ada kelebihan duit terus pengen transfer🙂

Pas ngabuburit keliling kota terus nemu Kantor Pos boleh juga mampir bayar zakat dan sedekah di Kantor Pos. Soalnya sekarang semua Kantor Pos sudah menerima pembayaran zakat & infaq😀

Ahahaha.. ujung-ujungnya promosi terselubung :p Sebenarnya sih nggak niat promosi, tapi pas iseng buka twitter di timeline muncul info ini😀

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: