Review Berita : Komentar Dubes Australia Tentang Angkutan Mudik 2013

Berbagai macam tradisi dan ritual selalu mengiringi perayaan Lebaran. Salah satu yang lazim dilakukan yaitu tradisi mudik alias pulang kembali ke kampung halaman masing-masing. Berbagai pihak bahu-membahu agar kegiatan mudik 2013 ini bisa berjalan lancar.  Termasuk pemberitaan yang dilakukan salah satunya oleh portal berita online. Berita-berita ini bermanfaat memberikan update informasi seputar arus mudik, jalur mudik, jalur alternatif, peristiwa kecelakaan mudik yang terjadi dan bermacam info mudik lainnya.

Foto diambil dari Republika.co.id

Saya tergelitik membaca salah satu judul berita di Republika Online dimana Dubes Australia memberikan komentar mengenai Angkutan Mudik 2013.  Dari judulnya saya mengharapkan adanya pendapat dan masukan Greg Moriarty selaku Dubes Australia mengenai kondisi angkutan mudik di Indonesia. Apakah kendaraan-kendaraan tersebut sudah memenuhi kebutuhan? Apakah kendaran-kendaraan tersebut aman digunakan? Selain itu saya berharap Greg Moriarty juga memberikan masukan seputar mudik.

Namun rupanya saya tidak menemukan poin-poin tersebut. Karena dalam berita tersebut hanya mencantumkan dua kutipan pernyataan Greg Moriarty yang menurut saya kurang memiliki nilai berita.

“Lebih dari 30 juta orang melakukan perjalan mudik pada Lebaran tahun ini,” kata Greg Moriarty.

Menurut Dubes Australia, hal tersebut merupakan pekerjaan yang sangat kompleks dan berat serta banyak tanggung jawab yang harus dilaksanakan petugas Posko.

“Saya ucapkan selamat kepada semua pihak yang terlibat dan berdedikasi dalam memberikan kontribusi penting terhadap keselamatan pemudik pada Lebaran ini,” katanya.

Kutipan tersebut kurang memiliki relevansi dengan judul berita. Menurut saya juga kurang kuat untuk menjadi suatu judul berita. Cukup disayangkan karena sebetulnya angle berita ini cukup menarik apabila bisa dilakukan wawancara lebih detil dan mendalam. Akan lebih baik jika judul berita diganti yang lebih sesuai dengan isi berita.

Sumber Berita :

Ini Komentar Dubes Australia Tentang Angkutan Mudik 2013

* Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Review Berita yang diadakan Republika Online 

Update :

Alhamdulillah tulisan ini jadi salah satu pemenang lomba blog Republika Online. :D 

Pengumuman pemenang bisa dilihat disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: