Akhirnya, Sidang Skripsi !

Satu kata yang sangat ingin saya ucapkan berulang-ulang saat ini adalah Alhamdulillah🙂

Saya mengucapkannya dengan kesungguhan hati karena hari ini saya berhasil melewati salah satu momen penting nan mencekam dalam hidup saya. Yup, satu hal yang sudah dinanti berjuta-juta umat di seluruh penjuru dunia. Bahkan sudah kebal telinga saya mendengar cacimaki, hujatan, tuntutan, kritikan, dan komentar heran dari teman-teman saya.

“Kapan sih?”
“Belom juga selesai?”
“Mau nunggu apa?”
“Selak tuwek awakmu (keburu tua lho kamu)”
“Astaga! Ayo semangat!”
“Makanya buruan diselesaikan.”
“Jangan malas! Jangan malas! Jangan malas!!!!!”

Akhirnya hari ini, halo teman-teman semua, saya sudah selesai sidang skripsi. Alhamdulillah dinyatakan lulus sebagai Sarjana Manajemen😀

Baiklah, saya akan menceritakan kronologis sidang skripsi saya mulai persiapan sampai hari H.
Sebetulnya saya mendaftar sidang sudah sejak akhir Desember, tepatnya tanggal 28 Desember 2012. Hari terakhir bekerja sebelum tahun baru. Benar-benar last minute person . -.- Saya sempat ditawari oleh pihak departemen manajemen, bagaimana kalau daftar nanti saja setelah tahun baru. Toh sidang lagi baru akan diadakan pertengahan Januari. Saya pikir, jangan deh mumpung saya sudah mantap. Daripada nanti kalau ditunda daftar bisa-bisa mundur lagi. Benar saja, setelah tahun baru tidak ada kabar dari pihak kampus. Kemudian pada hari Jumat 11 Januari 2013 saya dapat SMS dari mbak Rini, petugas departemen, yang memberitahukan bahwa saya akan sidang pada hari Rabu, 16 Januari 2013. Buseeett dadakan amat, belom siap nih. Eh tapi kalau dipikir-pikir saya sebenernya nggak bakal pernah bener-bener siap. ><  Baiklah saya akan coba belajar pelan-pelan.
Jumat : Baru berhasil baca ulang bab 1.
Sabtu : skip !
Minggu : skip ! Dua hari ini saya benerin powerpoint sama latihan presentasi dengan cara ngomong sendiri dimana-mana.
Senin : Saya mengambil undangan di departemen. Tingkat stres makin tinggi karena makin deket hari H. Sementara itu skripsi saya makin dibaca makin banyak salahnya. Makin saya tahu lubang-lubangnya. Makin menyesal soalnya sudah dikumpulkan. Sampai saya maleeesss banget tiapkali mau buka skripsi. Trauma. *apa sih*
Oya, Senin ini saya juga janjian dengan dosen pembimbing untuk simulasi sidang tapi ternyata nggak simulasi cuma diberi tips-tips aja. Tapi setelahnya latihan simulasi sendiri sama Ido, Thanks Do! Kamu bener-bener membantu sekali. Pulang dari kampus saya mampir Petra Togamas buat beli bukunya Uma Sekaran. Hahahaa :)))) Lusa sudah mau sidang sekarang baru beli buku. *jangan ditiru* Ini juga akibat virus berdedikasi-tinggi-pada-riset-ilmiah dari mas Rosyid yang menganjurkan saya baca buku Sekaran. Sampai rumah kehujanan alhasil saya masuk angin dan demam. Great ! Saya pengen besok sudah sembuh. Nggak lucu kan pas sidang malah sakit. Oyaa karena baru beli buku saya belum bisa istirahat tapi kudu baca bukunya.
Selasa : Badan udah agak mendingan meskipun saya masih terasa di awang-awang. Ditambah lagi sariawan gede-gede di sebelah kanan dan kiri mulut saya. Hari ini saya janjian sama Lugar, Wilis & Ical. Lugar & Wilis sudah sidang tahun kemarin, terus saya minta tips-tipsnya biar nggak sembrono waktu sidang. Well, nggak banyak yang tahu saya mau sidang sampai hari ini. Bahkan kedua orangtua, adik & pacar juga nggak tahu :))) Bukan apa-apa sih, saya cuma ingin mempersiapkan segalanya dengan normal seperti hari-hari biasanya. Saya khawatir kalau banyak yang tahu jauh hari saya makin underpressure, belum lagi pasti disuruh ini itu, dilarang ini itu. Tapi saya sudah berencana memberitahukannya hari ini atau besok pagi. Malamnya saya kirim foto pengumuman sidang yang saya potret dari depan departemen ke pacar. Kebetulan dia di Jakarta juga sedang riweuh. Responnya dia cuma “Eh udah keluar ya jadwal sidangnya. Ayo dipersiapkan.” Toenggg !!! Ini pasti nggak dibaca bener-bener deh. Baca yan teliti woi! Pas udah dibaca lagi dia baru sadar, “lho kok besok? Eh seriusan ini sidang besok? Ya ampuuuuun aku deg-degan.” Sambil ketawa-ketawa gitu >_________<
Malem ini berita saya mau sidang tersebar luas, langsung pada kirim message ngucapin good luck sama maksa-maksa saya cepat tidur. Ternyata eh ternyata saya baru bisa tidur jam 00.00. Oya, sebelumnya saya menyiapkan laptop dan segala macam yang mau saya bawa. Waktu itu orang serumah sudah tidur, ternyata mama saya terbangun terus kaget liat saya packing malam-malam. “Lho nak, kamu mau pergi kemana malam-malam begini?” Maaaaaah, anakmu ini bukannya mau kabur tengah malam buta. “Haha, nggak! Sapa juga yang mau pergi malem-malem. Aku besok mau sidang ma. Doain ya!” Adegan dramatis pun terjadi, si mama memeluk dan menciumiku. Halah-halah. Dilanjutkan dengan tidur di kamar masing-masing.
Rabu  : Sudah pasang alarm ternyata bangun lebih dulu sebelum alarmnya. *rekor* Jam 03.30 saya masih merem melek di kasur kemudian tersadar kenapa harus buru-buru bangun. Saya shalat tahajud, lanjut shalat subuh. Kemudian saya baca-baca lagi. Makan pagi. Mandi. Sebelum berangkat shalat dhuha dulu. Subhanallah, belum pernah seumur hidup saya sereligius ini :p  Setelahnya saya berangkat dari rumah dengan kepala nyut-nyutan karena kurang tidur. Sampai kampus saya nggak tahu dimana ruang sidang saya, ternyata harus naik ke ruang konsultasi dosen. Ribetnyaaa pake rok sama high heels, bolak-balik keserimpet, jatuhnya aja yang belom. Sampai ruang sidang sudah ada dosen pembimbing saya. Malu, kok beliau datengnya lebih pagi sih. -…-
Jam 08.00 lebih dikit sidang dimulai, saat itu masih ada dua dosen penguji yang belum datang. Tapi nggak lama kemudian formasi sudah lengkap. Jujur saat itu saya lupa deg-degan karena saya ngantuk luarbiasa dan sudah berasa mau pingsan. Tekad saya cuma satu, menyelesaikan semua ini sesegera mungkin dan tidur siang.😀
Selama sidang jujur saya nggak merasa terlalu lancar, karena beberapa pertanyaan juga tidak bisa saya jawab. Bahkan pertanyaan yang saya takutkan yang sudah saya cari-cari jawabannya nggak ditanyakan. u.u *kunyah kertas skripsi*
Kira-kira jam 09.30 sidang skripsi saya selesai, saya dipersilahkan keluar sebentar karena para penguji akan berdiskusi. Oooooh beliau-beliau pasti berdiskusi betapa gendutnya saya, atau betapa mengerikannya muka kurang tidur saya yang seperti zombie.  -.-
Beberapa menit kemudian saya masuk kembali ke ruangan. Tanpa terlalu banyak basa-basi langsung diumumkan saya lulus ujian skripsi dengan nilai A. Alhamdulillah!
Rasanya nggak percaya kalau saya bisa melewati ini semua, bahkan nilai tersebut tidak saya prediksikan sebelumnya. Teman-teman saya beberapa orang datang. Adik saya yang  beda fakultas berputar-putar mencari ruang sidang saya -.-

01

Sarjana Manajemen (Pemasaran)

Camera 360

Amburadul !

Gambar

Sama Aisha. Mari kita wisuda bersama😀

Gambar

Sama adik. Thanks for coming !😀

Setelah sidang saya masih duduk-duduk di kantin sampai Dhuhur. Kemudian pulang dan menghabiskan sesiangan dengan tidur. Malamnya saya makan bersama beberapa teman kuliah. Yang lainnya sudah banyak yang hijrah ke luar kota O.O
Entah kenapa hari itu perasaan saya flat. Saya senang bisa lulus, tapi tidak merasakan euforia. Malah saya langsung kepikiran revisi, hardcover, urusan administrasi, dan cari kerja. Aaah mungkin karena lulusnya sudah telat atau ngerjain skripsinya kelamaan. -.-

Camera 360

Syukuran Kecil🙂

Terimakasih kepada semuanya yang sudah memberikan dukungan pada saya sampai bisa melewati sidang dengan selamat sentosa.
Terimakasih buat orangtua, pacar & adik yang mendoakan.
Terimakasih Pak Gancar selaku Ketua Penguji, Pak Sony, Bu Masmira & Bu Hartini selaku dosen penguji.
Juga jasa besar Ido yang meluangkan waktu untuk simulasi.
Pratiwi yang mengajarkan saya cara olah data pakai SPSS sampai kita guling-guling karena sama-sama bingungnya :p
Mas Rosyid yang ‘memaksa’ saya membaca Uma Sekaran untuk mengetahui dasar-dasar riset. Mulai dari macam sampling dan definisinya. Kekurangan dan kelebihan lab experiment dan field experiment. Serta masih banyak lagi yang tidak boleh saya tanyakan ke dia tapi harus saya tanyakan ke Sekaran. *lhah emang kenal*
Pak Badri, dosen pembimbing saya yang sabar mencari-cari saya yang kabur-kabur melulu. ><
Teman-teman yang meluangkan waktu untuk saya. Terimakasih🙂

Nanti ucapan terimakasihnya bakal lebih banyak lagi di lembar persembahan, mungkin ada sekitar 6-7 halaman sendiri :))) saingan sama daftar pustaka. Wajar sih, saya memang merepotkan banyak orang dalam pembuatan mahakarya ini :p 

Karena sekarang buku sampul kuningnya sudah hampir selesai, berarti boleh dong minta doanya agar buku saya yang lain bisa segera ditulis & diterbitkan😀

10 responses

  1. bebii beboo boebuuu bedett…dedet… hahaha… alhamdulillah ya det, udah selesai. A lagii… dapet A bokk…… congratzzz darlss…..

  2. dedet,,,,,akhirnya selamat ya..dulu katanya sempet mau belajar spss bareng….eh,,,ternyata skrg dapet A skripsinya…barokallah kelulusannya,moga semakin bermanfaat🙂

    1. hahha iyaa maaap.. akirnya belajar sendiri sampek puyeng dan menemukan pencerahan😀 alhamdulillah. aaamiiin.. makasi dinar.. sukses buat kamu😉

  3. Akhirnya…SELAMAT!!! xD

    1. tenkiuuu mbaaa.. sukseeisss buat kamuuu :3

  4. aaiiihh dedetooo… proud of youuuu… bisa menaklukkan ujian mahapenting ini.. dengan list penguji yang hits.. ayooo segera menyusul ke ibukota.. :)))

    ps: betewei buswei, 23 april ada schedule ke bandung, kumaha ya?😀

    1. hihihi… alhamdulillahirobbilalamin😀 iya mbaa udah hepi2 di bandung. *balesnya super telat* :))))

  5. Woghhh selamat ya det…. satu kata: Akhirnya kelar juga….

    1. terimakasih maaass😀 hehe.

  6. […] sidang skripsi dan lulus kuliah S1 terus enaknya ngapain ya? Banyak pilihan yang bisa kita ambil. Rata-rata sih […]

Leave a Reply

