Siapa Mau Jadi Pahlawan?

Ada berapa jenis pahlawan yang kalian tahu selama ini?
Sejak kecil saya tahu dua jenis pahlawan. Pertama, pahlawan perang yang membela Indonesia dengan senjata bambu runcing. Yang kedua senjatanya bukan senapan atau bambu runcing melainkan kapur dan spidol, yap merekalah yang kita sebut guru alias pahlawan tanpa tanda jasa. Setelah agak besar saya nemu satu lagi jenis pahlawan, yaitu pahlawan kesiangan. He he. Kalau yang terakhir ini jangan sampai deh ya.🙂

Bicara soal pahlawan tanpa tanda jasa alias guru siapa sih guru yang paling kalian idolakan? Ada nggak guru yang paling kalian ingat sepanjang kalian sekolah? Pasti ada dong yaa yang membekas di dalam hati kalian. Sama dong seperti saya, biarpun nggak ada yang nanya ya. He he. Untuk saya pribadi setiap guru punya cerita masing-masing, bahkan saya masih hafal kalau ditanya apa kebiasaan atau seperti apa karakter guru tersebut.😀
Duluuuu saat masih sekolah saya belum terlalu menyadari pentingnya peranan guru. Bagaimana fungsi transfer ilmu itu terjadi berkat kegigihan beliau-beliau mengajarkan pada kami. Yaaah kalau nggak ada guru SD nggak mungkin kita bisa jadi anak SMP, tanpa guru SMP nggak mungkin kita jadi siswa SMA dan begitu seterusnya. Bahkan setelah lulus kuliahpun masih banyak guru-guru kehidupan yang secara non-formal mengajarkan kita banyak hal.

Namun sejak kuliah saya jadi mulai mikir, mulai menyesal kenapa sih saya dulu males banget, bandel banget, terus suka sebel sama guru yang disiplin. Padahal kan maksud beliau-beliau itu baik. Nggak rugi kalau kita mau menuruti guru-guru kita. Well, apalagi kebetulan ibu saya adalah seorang guru di salah satu SMP Negeri. Mata pelajaran yang diajarkan juga jadi momok siswa pada umumnya, yaitu Matematika. Saya sangat salut sama ibu saya yang sudah berpuluh tahun mengajar, membuat murid-muridnya jadi bisa Matematika. Disamping itu saya juga sedih kalau tahu ada murid ibu saya yang nakal, yang nggak hormat sama gurunya, yang ngatain gurunya sembarangan. Amit-amit banget lah, cuma bisa ngelus dada saja. Bahkan teman saya yang kedua orangtuanya guru juga sukanya ngata-ngatain guru sama dosen. Ya ampun coba bayangkan kalau orangtua kita yang dikatain sama murid-muridnya. Jangan sampai yaaa. Seburuk apapun cara guru kita mengajar, meskipun kita kurang sreg seharusnya tetap menghormati beliau-beliau tersebut.

Guru bukan hanya para pahlawan tanpa tanda jasa yang kita temui di bangku sekolah, bahkan setelah lulus kuliahpun masih banyak guru-guru kehidupan yang secara non-formal mengajarkan kita banyak hal.Artinya apa? Artinya bahwa kita semua mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi pahlawan, seperti kutipan lirik lagu milik Mariah Carey berikut ini,

There’s a hero
If you look inside your heart
You don’t have to be afraid
Of what you are

Bagaimana? Setuju kan? Dalam diri setiap orang sebenarnya sudah ada bakat jadi pahlawan, tinggal kitanya aja yang mau atau enggak.  Nggak perluuuuu lho ikut wajib militer, apalagi daftar jadi tentara gitu. No ! No ! Sederhana sekali, kita berbagi dengan sesama dengan menjadi guru🙂 Saya sendiri cukup ketagihan ngajarin adek-adek yang lebih muda dari saya, meskipun aslinya saya nggak bisa ngajar. Hm, lebih tepatnya belum bisa mengajar dengan baik dan benar. He he.  Jam terbang saya ngajar juga cuma sedikit banget lho, antara lain ngajarin jurnalistik ke adik-adik yang kurang mampu dan mengajar adik-adik di desa tempat saya KKN. Eh tapi jangan ditiru ya, sebagai guru bukannya ngajarin materi sekolah malah saya banyakkan sharingnya (baca : ngerumpi) sama mereka😀 Biasanya sih mereka akan bercerita tentang pengalaman mereka, dari situ malah saya jadi ikutan belajar juga dari mereka. Asyik kan, jadi sama-sama saling belajar.

Sekarang ini kalau pengen jadi guru juga nggak harus sekolah di pendidikan guru. Karena sudah mulai banyak gerakan-gerakan Mengajar yang digagas oleh berbagai pihak. Bahkan kampus saya juga punya lho! Namanya UNAIR Mengajar😀 Bangga deh ! Nah, bagaimana? Siapa yang mau jadi pahlawan selanjutnya?

 

Mari Belajar, Mari Mengajar !🙂

 

Leave a Reply

