Catatan Skripsi

Hei bloggies woogies. Lagi pengen curhat ini. Curhat publik yah ceritanya kalo ditulis di blog gini. Hehe. :p Ternyata, menulis skripsi itu tidak semudah menulis curhatan galau. Yaiyalaaaaaaaaaaaaah. Kucingpun tahu kalo itu. -.- Selalu ada ajaaaaaaaaaaaaa faktor X,Y,Z yang menghalangi niatan mulia menuliskan skripsi.😀

Awalnya saya bertekad kuat akan menyelesaikan skripsi dalam jangka waktu 90 hari. Wuih idealis manis deh :p Dan ternyata, sekarang sudah 5 bulan kalau dihitung-hitung sejak saya mulai mengajukan jurnal dan mencari dosen pembimbing. Well, nggak efektif selama 5 bulan juga sih. Banyakkan nganggurnya. Jadi nih kalau di Jurusan saya itu proses membuat skripsinya seperti ini :

1. Memilih jurnal acuan, harus berbahasa inggris dan kalau bisa jurnal berbayar. Bukan yang download gratisan. Baca deh itu jurnal sampai paham garis besarnya.
2. Mencari dosen pembimbing yang sreg di hati. Nyari dosen pembimbing gampang-gampang susah sih, nggak sesusah nyari jodoh memang. Tapi karena dosen itu karakternya juga macem-macem, jadi cocok-cocokkan juga. Sebenarnya ini metode informal, kalau metode formalnya bawa dulu jurnal ke departemen beserta pra-pos atau bab 1, nanti kita dipilihkan dosen yang kira-kira relevan sama topik kita.
3. Kalau sudah dapet dosen ya sudah langsung saja kerjakan bab 1-5. Hehe. Bab 1 pendahuluan, bab 2 landasan teori, bab 3 metode penelitian, bab 4 pembahasan, bab 5 kesimpulan.

Nah, kalau skripsi saya Insya Allah pake metode eksperimental. Jadi saya harus (dan sudah) membuat sebanyak 8 buah skenario berita yang isi berita dan merek produknya fiktif. Fungsinya menggunakan produk dan merek fiktif agar tidak terjadi bias dengan selera responden🙂 Abis itu disebarinlah itu kuesioner. Sebenernya sih kalau dosen-dosen lain meminta mahasiswa bimbingannya buat bab 1-3 dulu baru kuesioner. Tapiiii khusus dosen saya lebih suka memulai dari bab 4 alias kuesioner dulu. Biasanya disuruh nyebarin pre-test dengan sampel kecil untuk melihat signifikansi hasilnya. Dulu saya mikir ah gampang lah, kuesioner bisa jadi seminggu, bab 1 seminggu, bab 2 seminggu, bab 3, 4 dan 5 juga seminggu. Kira-kira cuma butuh dua bulanan. *ngakak* Setelah saya review ke belakang, kenyataannya seperti ini :

1. Kuesioner revisi skenario berita bolak-balik, sama revisi poin-poin pertanyaanya. Butuh waktu sampai satu bulan baru fixed isi kuesionernya.
2. Menyebarkan pre-test, nyebarinnya sih relatif cepet. Cuma 3 hari udah selesai 40 responden. Yang lama dan bikin frustasi itu ngeprint sama fotokopinya. Soalnya pas diprint, bagian beritanya nggak jelas. Udah nyoba di berbagai macam pengeprintan dari yg kecil sampai yang besar. Utak-atik settingan tinta di laptop biar hasilnya jelas dan bagus difotokopi. Teteeeepp aja. Tapi alhamdulillah bisa juga akhirnya, setelah berjuang 2 hari 2 malam😀
3. Entri hasil pre-test, cepet juga sih, cuma 2 jam kayaknya. Yang nggak bisa itu ngoperasiin SPSSnya buat ngeliat uji bedanya. Hehe. :))
Dan sesudahnya dosen saya sibuk banget, saya vakum bimbingan sebulan. Ditinggal umroh pula sama beliau. Sebelumnya juga sempet vakum sebulan soalnya ditinggal beliau ke Taiwan sama Kalimantan. Abis itu saya sibuk UAS. Saya pun mulai mengerjakan bab 1, yang baru selesai 1 bulan juga. Buset. Padahal ngetiknya paling cuma 2 hari, yang lama itu nyari inspirasi buat merangkai kata-kata biar sistematis dan ilmiah :p

Gambar

Kuesioner🙂

Lalu, tadi pagi saya bimbingan lagi setelah vakum sebulan kemarin. Menyerahkan bab 1 dan konsultasi hasil pre-test. Untuk bab 1-nya sejauh ini masih OK, tapi nanti bakal dikoreksi lagi. Janjinya sih minggu depan sudah dikasih tau mana yang harus diubah. Sedangkan untuk pre-testnya bikin saya sedih, pedih, merintih sampai mendidih. *kumat* Karena hasilnya ternyata kurang signifikan, disinyalir responden kurang paham sama isi skenario beritanya. Sehingga … saya harus bikin ulang sebanyak 8 skenario dan menyebarkan pre-test lagi sejumlah 40 buah. Belum nanti sampel aslinya harus berjumlah 240 orang. Semangat!!! Yang eman itu fotokopinya lagi, soalnya harus di kertas HVS berwarna, dimana 1 kuesioner sebanyak 6 lembar. Saya berkontribusi dalam global warming ini ceritanya. -.- Pengen cepet berakhir yang satu ini. Semoga happy ending ! Aamin.🙂

One response

  1. ayoo, ndang ndang ndang😀

    good luck, det, wish you all the best🙂 dan dapet A😀

Leave a Reply

