Edisi Perdana Cupcake Suka-Suka

Liburan yang tidak sinkron adalah ketika si adek bener-bener merasa sebagai pengangguran sementara saya dihantui dan dikejar deadline bernama skripsi. Jadinya kadang saya yang pengen menyendiri dan berkonsentrasi sama topik skripsi malah nggak jadi-jadi ngerjain.

Seperti hari ini, saya menyanggupi keinginan adek saya untuk mempraktekkan resep cupcake yang kita catat dari internet. Bahan-bahan cupcake memang sudah saya beli sejak kemarin, tinggal mencampurkannya dan memanggangnya kemudian voila ! Jadi deh cupcake.

Pada saat proses pembuatan kita sempet takut cupcakenya gagal, entah hasilnya kurang mengembang atau rasanya nggak enak. Jadilah saya banyak-banyak doa selama membuatnya. Alhamdulillah rasa cupcakenya cukup enak. Kalau menurut lidah saya, rasanya pas, tidak terlalu manis dan tidak terlalu hambar. Hahahaha. Bahagianya karena percobaan perdana ini langsung berhasil. *congkak seketika* Tinggal memoles tampilannya karena memang masih sangat amatir. Untuk kali ini, hiasan cupcakenya menggunakan buttercream. Karena mudah mengaplikasikan ke cakenya, tidak perlu skill tertentu. Biasanya cupcake yang lucu-lucu itu kan memakai icing sugar alias fondant sebagai hiasannya.

Di Surabaya, bahan serta alat untuk membuat cupcake bisa dibeli di Toko 8 atau di Toko Arvian.

Ini saya bagikan resep cupcake, siapa tahu ada yang mau ikutan praktek membuatnya. Atau ada yang mau order untuk hadiah? Boleeeeeeeh banget. Rasa dijamin enak tenan. :p

Tarraa!!! Purple cupcakes🙂 Pic taken with my Samsung Galaxy.

Bahan cupcake :

225 gram tepung terigu
3 butir telur
250 ml susu cair
150 gram mentega tawar
300 gram gula pasir
1 sendok teh soda kue
1 sendok teh vanili bubuk
1/2 sendok teh garam

Cara membuat Cupcake :
1. Campur tepung terigu, soda kue, vanili bubuk dan garam, ayak lalu sisihkan.
2. Kocok mentega tawar dan gula pasir selama 3-5 menit hingga mengembang, lalu masukkan telur dan susu, aduk rata.
3. Masukkan campuran tepung terigu yang sudah diayak sedikit demi sedikit sambil aduk hingga rata
4. Tuang adonan pada paper cup, panggang dalam oven bersuhu 180 derajat selama 15 menit.

4 responses

  1. Blogwalking dan nyasar kesini gegara resep cupcake:p
    daaan br ngeeeh, ah i know this blog owner!:)))

    Nyontek resepnya yaa *belum tentu bhasil bikinnya juga tp, doakan saya*

    1. Huaaaa..makasi mba sudah mampir. Hihi.. Lhaya kok bisa nyasar ke blogku :p Selamat memasaaaaak.. Jangan lupa kirim-kirim mbaa.. Salam buat dek Naya😀

  2. Hi….. Interesting juga membaca pengalaman perdana pembuatan cupcake nya.
    Tolong dech may I know dimana alamat lengkap dr toko 8 or toko Arvian.
    Kayaknya melayani order online Ngk…..
    Thks atas informasinya nd hope to hear from u soon.

    1. waaah saya juga ndak hafal alamatnya.. bisa coba di gugling aja mungkin ya..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: