Final Honda DBL East Java 2010 North Region

Frateran Kawinkan Gelar Juara

“Saya bertekad mengawinkan gelar juara DBL putra dan putri di Final nanti,” ujar Njoo Soen Eng, pelatih tim basket SMA Frateran Surabaya pada saya satu tahun yang lalu. Iya, rupanya doa tersebut harus menunggu dulu selama satu tahun sebelum terwujud. Pada final hari ini (3/8) tim putra dan putri SMA Frateran Surabaya berhasil memborong pulang gelar champion DBL East Java 2010 North Region. Laga pertama, tim putrinya harus berhadapan dengan SMA Gloria  Surabaya. Di kuarter pertama Frateran memimpin dengan selisih skor 14 poin. Kemudian perlahan-lahan Gloria menyusul. Tapi sayangnya sampai Buzzer Beater berbunyi, Gloria tidak berhasil mengejar bahkan menyamakan kedudukan. Salah satu penyebabnya, Nathalie Sanjaya, si motor tim harus fouled out di menit-menit terakhir.  Sehingga untuk yang keduakalinya anak-anak Frateran meraih gelar juara.

Pada pertandingan tim putra, Frateran berhadapan dengan SMA Untung Suropati. Meskipun sempat kalah di awal kuarter, namun rupanya anak didik Njoo Soen Eng ini berhasil melakukan serangan yang sulit dihindari oleh anak-anak Unsur. Frateran bermain dengan smooth. Mereka tidak mudah terpancing lawan. Sebaliknya, Unsur yang memiliki kesempatan menguasai bola sama besarnya ternyata justru belum memiliki apa yang disebut mental juara. Yap, saya belajar bahwa dalam sebuah pertandingan, skill memang penting. Namun mental seorang juara juga tidak kalah pentingnya. Frateran menang 44-42 atas Unsur. Selisih satu bola tersebut sontak membuat anak-anak Unsur terduduk lemas. Tidak sedikit yang meneteskan airmata. Saya sendiri ikut sedih melihatnya.

Bicara soal Frateran, baiklah, Njoo Soen Eng yang akrab disapa Ko Yong yong ini saya akui memang pelatih yang pintar. Dia melatih dengan keras, dan terbukti hasil didikannya sukses mengantongi gelar champion. Tak hanya satu, tapi tim putra dan putri. Saat dilapangan dia bisa meyakinkan timnya bermain tenang.

Bagaimana dengan Gloria? Sejak tahun lalu saya sudah mendukung Gloria. Tim yang diasuh oleh Desandrew ini dijuluki tim kuda hitam. Sejak tahun lalu, kemunculan mereka sampai semifinal sama sekali tidak terprediksi. Sayangnya tahun ini lagi-lagi niatan menjadi champion masih belum kesampaian. Ah, semoga tahun depan Gloria yang menang yaa..😀

Next, tanggal 6 Agustus besok akan diselenggarakan Final East Java yang akan mempertemukan juara dari North Region dengan juara South Region. Tim Putra SMA Frateran Surabaya melawan SMAN 2 Pasuruan, sementara tim putrinya akan berhadapan dengan SMA Kolese Santo Yusup Malang. Uhmm, berharap bakal jadi pertandingan yang menarik.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: