Berita Malam

Penipuan Jamaah Haji Lanjut Usia di Tanah Suci

Lemahnya Hukum di Indonesia, Ataukah Hati Nurani Yang Tidak Ada

Saya baru aja nonton berita tengah malam di TV. Jarang-jarang lho! He he. Eh, tapi sekalinya nonton saya malah ngerasa sebel banget. Pengen ngamuk-ngamuk tapi mau ngamuk sama sapa coba. Jadi salah satu beritanya itu tentang penipuan yang dialami jamaah haji Indonesia di tanah suci. Ada beberapa hal yang bikin saya merasa berita ini makin ironis.

1. Orang niat ibadah sempet-sempetnya didzalimi

2. Korbannya kebanyakan jamaah haji lanjut usia

3. Pelakunya adalah orang-orang Indonesia sendiri

Nah, coba sekarang gabungkan ketiga hal tersebut. Jadinya pasti kejengkelan luar biasa. Tega-teganya pelakunya memilih korban sebangsa dan setanah air. Nggak mikir apa mereka, kalau ortu mereka atau kakek nenek mereka yang digituin sama orang lain. Otaknya pada kemana sih. Mana jumlah penipuannya nggak tanggung-tanggung. Sekali kena bisa puluhan juta. Selanjutnya korban yang nggak punya apa-apa nggak jadi ibadah. Nggak sedikit yang menggelandang di sana. Mau pulang ke Indonesia juga susah. Salah-salah malah diciduk sama petugas soalnya dianggap pendatang illegal. That was so damn! Naudzubillahimndzalik. Ini jadi satu lagi bukti lemahnya hukum Indonesia. Dalam sebulan bisa terjadi sekitar duapuluh lima kasus. Halo, pada kemana semua sih orang-orang ini. Aparat keamanan, penegak hukum, menteri luar negeri, diplomat, pejabat. Kalau kalian nggak bisa menghentikan semua kejahatan yang dilakukan sama bangsa kita sendiri terus siapa dong yang mengubah sistem semrawut ini. Masa saya sih? Emang saya punya kewenangan apa?

Suatu saat, saya harus jadi bagian dari misi perbaikan sistem itu.Sebenernya sekarang juga udah bisa dimulai. Hoho. Lagi kumat sok-sokan. Padahal kalau dipikir-pikir saya ambil major ekonomi, kecemplung di jurnalistik yang kata orang lebih cocok sama komunikasi. Aw aw aw. Jangan bilang saya salah jurusan ya. Ekonomi sama jurnalistik juga bisa nyambung kok.

Btw, kalau saya protes-protes gini bakal ditangkep polisi juga nggak ya. Orang Indonesia emang suka aneh. Pengennya instant melulu. Kaya instant, cantik instant, pinter instant, hukuman aja caranya juga instant. Yep, mencoba menilai kasus yang dialami mbak Prita sama rumah sakit Omni. Saya pengen ketawa sendiri. Kasus ini konyol. Asli, memperlihatkan betapa nggak siapnya kita menegakkan keadilan. Dari sisi mbak Prita, beliau merasa dirugikan karena harus bayar nominal yang cukup besar. Apalagi ternyata rumah sakit Omni salah mendiagnosa penyakit. Sebagai konsumen, mbak Prita berhak bicara. Nah, rumah sakit Omni nggak terima. Merasa dirugikan juga atas dasar pencemaran nama baik. Okelah, memang bicara kredibilitas semuanya bisa rusak hanya oleh satu jentikan kecil.  Berikutnya yang terjadi, mbak Prita dimasukkan penjara selama tiga minggu karena tuduhan pencemaran nama baik tadi. Wah, betapa gampangnya menghukum orang hanya karena merasa punya kuasa. Padahal bukannya yang lebih pantas dimasukkan penjara masih seliweran di luar sana. Well, yang bikin saya makin geli sama kasus ini, barusan di berita malam ada info.Katanya pasal yang dipakai buat menindak mbak Prita salah. Jadinya mau ditinjau ulang. Sekarang kuasa hukumnya mbak Prita yang diperiksa. Hayah. Ada apa sih dengan orang-orang ini. Hukum kok dibuat mainan. Jangan-jangan mereka niru slogannya Joker. Why so serious?! (060609)

postingan di atas memang telat. heuheu, karena saya lagi musuhan sama koneksi warnet yang senin kamis mulu.
Huwahuwa, hari ini saya merasa menyesal karena sudah berbuat kebodohan tingkat tinggi. How  stupid i am! Kayaknya saya nggak termaafkan luar dalam. Huwahuwa. Kalaupun termaafkan, minimal saya punya imej baru. Wanita bertangan besi. Huks, saya nggak ada niatan kasar. Cuma refleks kaget. 😥

maaf..maaf..maaf. saya tahu itu tadi keterlaluan, saya udah menginjak-injak harga dirinya. Huwwwaaaa…

my perfect drugs

my perfect drugs

*I need my perfect drugs. :’)

Leave a Reply

