A Little Trip To Noars

Mau Berangkat :D

Mau Berangkat😀

Noars, buat yang belom pernah denger namanya jangan salah dulu. Itu bukan nama planet atau jenis habitat baru. Hm, buat para pecinta alam pasti udah nggak asing lagi. Yep, saya sendiri juga baru tahu lho kalau ternyata Noars itu nama tempat rafting macam Songa. Cuma menurut temen saya yang ahli di bidang ini, kalau Noars itu letaknya di atas Songa. Sehingga arus sungainya juga lebih deres. Bakal saya buktikan sebentar lagi.

Menurut perjanjian,kita berangkat dari kantor jam 5 pagi. Ah, sebagai orang Indonesia saya tahu pasti tabiat buruk apa yang bakal terjadi. Bener kan, jam karet juga. Bis baru berangkat dari area parkir di depan DBL Arena tercinta jaya sekitar jam 6 lebih.

Saya duduk di samping pak kusir yang sedang mengendali kuda. Hehe. Berarti mbak Hilda pak kusir dong! Yeah, berhubung ukuran tubuh kita berdua = 4 biji Dito sama Genjes dikareti jadinya kita milih duduk di tempat yang isinya tiga seat.

Perjalanan yang panjang. Lagi-lagi baru tahu kalau Probolinggo itu nun jauh disana. Sampe pegel miring kanan kiri nyari posisi yang paling oke.

Di jalan terhibur juga sama celotehan khas anak-anak. Rame. Ngebanyol melulu. Tapi juga SARA kronis. Biasalah ejek-ejekan yang kalau buat orang awam pasti kedengeran kejam. Bikin kuping panas. Tapi berhubung kru DetEksi itu BBB a.k.a Bukan Bocah Biasa. Yaudah, cukup masuk kuping kiri terus nerobos kuping kanan.

Ternyata nih, bisnya kudu masuk dulu ke jalan kecil. Buset. Nekat banget kan, bus segede gambreng gitu ngelewatin jalan yang Cuma cukup satu mobil aja. Eits, pas bus-nya berhenti bukan pertanda kita udah nyampe. Tapi kita masih diangkut naik pick-up ke jalanan khas pedesaan. Meliuk-liuk naik turun, kalah deh itu si Dewi Persik.

Akhirnya, nyampe juga ke tempat tujuan. Bukan tempat yang luas banget sih. Cuma semacam rumah makan yang pastinya dilengkapi sama bilik-bilik buat ganti baju. Selaen rombongan kita yang super rame bin ajaib, ada juga sih rombongan-rombongan keluarga laen yang juga pengen ngerasain rafting.

Senam Dulu Dong!!

Senam Dulu Dong!!

Acara pertama adalah outbound. Denger-denger outbound-nya ada flying fox-nya juga. Wah, kedengeran asyik sekaligus nakutin. Habisnya dari jaman-jaman SMA dulu saya nggak pernah tuh punya keberanian nyobain maenan yang berhubungan sama ketinggian. Cemen? Biarin. Namanya juga fobia. Tapi kali ini saya nggak mau kalah ah.

Setelah masangin tali buat gantungin carabiner kita ngantri giliran buat naek. Ups, ternyata naek flying fox-nya nggak langsung begitu aja. Ada tahapannya dulu. Harus tiga kali meniti tali. Asli lucu banget liat anak-anak naek ke tali. Apalagi pas gilirannya mas Pito. Kayak beruang sirkus. Hahahha. Ampun mas!

Jailnya anak-anak itu emang minta ampun. Mulai dari disorakin aneh-aneh sampai talinya digoyang-goyangin. Tapi ngeliat mereka pada meluncur di flying fox kok rasanya asyik banget ya!

Pas kaki saya menjejak di tali rasanya seluruh persendian saya melemas. Hwaduh, sumpah gemetaran. Nggak berani liat bawah. Cukup deh yang tahu saya sama Tuhan aja. He he. Ternyata naek flying fox nggak segampang itu buat saya.

Masa saya bolak-balik nanya ke bapaknya. “Aman nggak pak?” “Kalau jatoh gimana tuh Pak?” “Beneran langsung terjun gitu Pak?” Berhubung bapaknya udah sebel kali ya sama saya yang nggak meluncur-meluncur juga, masa saya langsung didorong. Ugh, nyebelin! Pakai acara ngadat di tengah-tengah lagi. Nggak mulus gitu. Tapi begitu nyampai lagi di atas bumi saya langsung lega.

mereka bilang : kamu ayunan apa flying fox?

mereka bilang : kamu ayunan apa flying fox?

Kelar panas-panasan sekarang waktunya siap-siap buat rafting. Wuahh, nggak sabar pengen maen aer. Kalau versi anak-anak yang udah pengalaman sih katanya nggak bakal kerasa. Soalnya seru banget. Sebelumnya ada pembagian kelompok dulu. Satu perahu diisi sama lima sampai enam orang.

Kelompok saya sendiri isinya Arthur, mbak Bogel, mas Potter, mas Aryo, mbak Ira sama saya. Kita kasih nama kelompoknya Jayus 2. Jayus ya? Iyalah, secara gitu disini ada si Arthur yang saya curigai punya hubungan darah sama mas Yondang. Soalnya mereka berdua mengidap jayus akut. Ampun deh!

Ini Kelompok Saya Yang Jayus

Ini Kelompok Saya Yang Jayus

Kebetulan tim saya dapet instruktur yang kayaknya paling senior di antara yang laen. Yang udah menguasai medan per-sungai-an dengan baik dan benar. Yuk berangkat!!!

Oiya, kita dikasih instruksi-instruksi dulu. Kalau orangnya yang punya nama mas Imam ini bilang ‘dayung maju’ ya berarti kudu maju, kalo mundur ya sebaliknya, terus kalau ‘bum’ berarti kita suruh jongkok di tengah-tengah perahu.

Awalnya takut-takut gitu, takut kelempar dari perahu terus kebentur batu-batu kali yang sumpah guede banget. Haha. Khayalan yang serem banget. Lama-lama justru menikmati liukan-liukan di sungai.

Paling seru kalau ngelewati jeram tertentu. Bisa ngerasain adrenalin meningkat plus teriak-teriak kenceng. Jeramnya punya nama macem-macem.Aneh-aneh. Lupa sih namanya apa aja.

Oia, ada satu tantangan yang nggak berhasil saya lewatin. Yaitu lompat dari atas tebing dengan ketinggian lima meter. Huh, payah nih. Saya takut banget. Bukan liat arusnya tapi takut sama tingginya. Alhasil Cuma saya aja di tim saya yang nggak lompat.

asyik maen air

asyik maen air

Setelah puas berbasah-basah ria. (Hm, dua jam di air nggak kerasa lho!) Kita balik ke tempat semula. Waktunya mandi sama makan. Sip banget, makannya pakai sambel. Huwooo…

Badan ini rasanya linu-linu semua. Pas di bus dalam perjalanan balik ke Surabaya langsung tepar. Tidur sepanjang jalan. Tahu-tahu udah nyampe lagi di depan DBL Arena. Sempet curiga jangan-jangan rafting-nya Cuma mimpi. Hoho.

Dampak rafting kerasa baru besok harinya. Badan linu banget, meriang, sinusitis hampir kumat. >.< Tapi saya mau banget kalau ada yang ngajakin rafting lagi. Hehe. (de2t)

280409

Leave a Reply

